Selasa, 05 April 2011

Download Disk Defragmenter

Fungsi Disk Defragment : disk defragment tidak lebih merupakan tools aplikasi yang mengatur posisi file pada area penyimpanan harddisk (tract) yang saling berhubungan/terurut supaya mudah dan cepat didalam proses pembacaan/akses oleh head/optikal harddisk, sehingga secara logika akan mempercepat kinerja harddisk.

Sebagai ilustrasi : Head/optik merupakan hardware yang membaca area harddisk dengan alur pembacaan melingkar/silinder yang teratur, kita umpamakan yang dilewati head/optik ini secara teratur/berurut yaitu tract (jalur) 1, 2, 3, 4, dst ... Sedangkan proses penulisan/copying file oleh head/optik ini dilakukan secara sembarang pada space kosong di area tract manapun, tujuannya adalah untuk mempercepat proses penulisan file pada harddisk.

Berdasarkan ilustrasi saya diatas proses pembacaan dan penulisan file oleh head/optik harddisk saling bersebrangan, sehingga diperlukanlah tools “disk defragment” pada windows yang nantinya mengatur posisi file yang tertulis pada area harddisk, sehingga file yang tertulis berada diposisi paling awal pembacaan dan posisi akhir pembacaan hanya ada space area kosong harddisk yang belum tertulis/terpakai (disk space).

silahkan : Download dicini

0 komentar:

Posting Komentar