Senin, 03 Januari 2011

Cara Membuat Partisi di USB Flashdisk

Ukuran flashdisk yang semakin besar membuat flashdisk memungkinkan untuk di partisi, dengan dibuat partisi, maka flashdisk tersebut dapat dibuat sebagai bootable sekaligus sebagai penyimpan file.
Secara default, Windows XP dan Vista mendeteksi flashdisk sebagai removable media dan mereka (Windows XP dan Vista) menganggap harddisk sebagai Fixed disk, sehingga kita harus merubah format flashdisk dari yang tadinya removable media ke fixed disk agar dapat di partisi sebab removable media tidak dapat dipartisi oleh windows.
Sebelumnya, saya menekankan bahwa cara di bawah ini mungin tidak bekerja pada flashdisk dengan merek2 tertentu dan saya menyarankan agar semua data yang ada di flashdisk di backup terlebih dahulu.

Langsung saja, ikuti petunjuk berikut:
1. Download software Lexar pada link berikut lexar tools dan kemudian ekstak di komputer anda. 2. Colokkan flashdisk ke komputer dan jalankan software lexar yang sudah diekstrak tadi.
3. Pilih opsi Flip Removable Bit
4. Kemudian cabut flashdisk dari komputer dan kemudian colokkan lagi. Sekarang flashdisk terdeteksi Windows sebagai fixed disk (bukan removable disk). Anda dapat mengeceknya dengan klik kanan pada flashdisk dan klik Properties.




Membuat Partisi di Flashdisk
Nah tadi format flashdisk sudah diubah ke fixed disk, sekarang kita buat partisinya.
1. Klik menu Start pada Windows, klik Run dan ketik diskmgmt.msc kemudian tekan Enter.
2. Akan muncul jendela Disk Management, dari situ klik kanan pada flashdisk anda seperti pada gambar di bawah yaitu USB(F:) dan klik Delete Partition.
3. Klik kanan flashdisk anda dan pilih New Partition
4. Pada New Partition Wizard, buat “Primary Partition” dan pastikan isian pada Partition Size harus lebih kecil daripada kapasitas flashdisk sebab akan disisakan untuk membuat partisi ke dua. Setelah itu klik Next
5. Pada Wizard berikutnya, berikan lokasi usb anda (nama) yang nantinya akan terbaca di Windows anda (Contoh: D, E, F, G) dan setelah itu format partisi yang telah dibuat ke FAT32.
6. Setelah partisi pertama selesai dibuat, anda bisa membuat partisi yang kedua dengan mengulangi cara no 3 sampai 5 pada kapasitas flashdisk yang masih tersisa
Nah jika sudah selesai membuat semua partisi di flashdisk, klik My Computer, dan  Windows telah mendeteksi partisi di flashdisk sebagai disk yang terpisah layaknya harddisk di komputer anda


Selamat Mencoba

0 komentar:

Poskan Komentar